2016/03/04

Saksikan Gerhana di Palangka Raya, Nikmati Juga Indahnya Bukit Tangkiling

Rabu, 9 Maret 2016, seluruh orang di dunia akan iri kepada warga Indonesia. Sebab, Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang dilewati gerhana matahari total (GMT). Fenomena langka ini dapat disaksikan di 12 kota di Indonesia, yaitu Palembang Palu, Luwuk, Ternate, Bangka Belitung, Mentawai, Tanjung Pandan, Balikpapan, Sampit, Palangka Raya, Poso, dan Halmahera.

Di antara 12 tempat yang dilewati oleh GMT 2016, Palangka Raya adalah salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan fenomena alam langka ini. Selain itu, Palangka Raya juga memiliki beberapa destinasi wisata indah yang bisa dinikmati sambil menyaksikan GMT 2016, salah satunya adalah Bukit Tangkiling.

Saksikan Gerhana di Palangka Raya, Nikmati Juga Indahnya Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling

Objek wisata berupa gugusan bukit batu yang memiliki ketinggian 140 m di atas permukaan laut ini terlihat sangat eksotik dimana diantara batu-batu ini tumbuh pepohonan dan rerumputan yang menciptakan eksotisme alam bebatuan.

Bukit Tangkiling berada di wilayah Kecamatan Bukit Batu, Kelurahan  Tangkiling, berjarak 34 Km dari Pusat Kota Palangka Raya. Untuk mencapai lokasi dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda 2 dan roda 4 melalui jalan beraspal dan untuk mencapai puncak bukit dapat melalui jalan setapak.

Uniknya, di lereng bukit terdapat sebuah batu besar menyerupai sebuah bahtera yang konon menurut legenda masyarakat setempat batu tersebut semula adalah sebuah "Banama" (perahu khas suku Dayak Ngaju) yang berubah menjadi batu karena kutukan dewata.

Legenda ini mirip dengan kisah Sangkuriang, jejaka Sunda yang berniat menikahi ibu kandungnya sendiri. Dalam legenda ini diceritakan tentang seorang pemuda yang tanpa sadar telah menikahi ibunya, peristiwa tersebut dikutuk oleh Dewata, pemuda tersebut beserta perahunya disambar petir dan berubah menjadi batu. Batu tersebut kemudian oleh masyarakat setempat disebut "Batu Banama".

Bukit Tangkiling yang merupakan titik tertinggi di Palangka Raya tentunya sangat cocok dijadikan lokasi pengamatan Gerhana Matahari Total sekaligus menikmati indahnya panorama alam yang disuguhkan oleh Bukit Tangkiling.

Baca juga :


Sumber foto :
  • http://www.online-instagram.com/media/998669512988308735_32337956
loading...
loading...
BTCMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments