2017/01/28

Mendaki Bukit Raya Dari Kota Palangka Raya

Bukit Raya atau Gunung Raya merupakan sebuah gunung yang letaknya di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah yang masuk kedalam kawasan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya yang merupakan Kawasan konservasi yang terletak di jantung Pulau Kalimantan. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Kalimantan yang masuk kedalam wilayah Indonesia yang tingginya 2.278 MDPL.

Mendaki Bukit Raya Dari Kota Palangka Raya

Mungkin di kalangan pendaki gunung jarang terdengar atau mendengar bahkan tidak mengetahui tentang gunung ini, Sehingga Bukit Raya ini cukup jarang didaki bagi penggiat dan pendaki gunung di Indonesia. Gunung ini terletak di perbatasan antara Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat dengan puncak gunungnya berada di wilayah Kalimantan Tengah.

Walaupun tinggi gunung ini tidak terlalu tinggi (2.278 MDPL) akan tetapi tingkat kesulitannya jauh lebih sulit dibandingkan gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa, sebelum kita mendaki, kita terlebih dahulu harus menempuh perjalanan darat dan sungai selama 2 hari untuk sampai ke kaki gunung (Basecamp Pendakian), lalu perjalanan berat melalui tanjakan curam untuk bisa sampai ke puncak bukit raya melewati hutan basah Pulau Kalimatan yang dekat dengan garis Equator (jalur Kalbar).

Tak salah sebagian orang yang pernah mendaki gunung Bukit Raya jalur pendakiannya (katanya) nomor dua tersulit dan termahal di Indonesia setelah Jaya Wijaya, Oleh kerena itulah penyebab jarangnya pendaki yang mencicipi pendakian di puncak tertinggi ke 7 di indonesia ini.

Jika dulu jalur pendakian selalu melewati kota Pontianak Kalimantan Barat, kini pendakian sudah bisa dilakukan dari Palangka Raya Kalimantan Tengah.

Berikut adalah jalur-jalur mana saja yang dapat dilalui untuk dapat sampai ke Bukit Raya dari kota Palangka Raya :

  1. Dari Palangka Raya (Bandara Tjilik Riwut) menuju desa Tumbang Habangoi (Kabupaten Katingan) ditempuh dengan mobil selama 8 jam.
  2. Tiba di desa Tumbang Habangoi menginap semalam di rumah Kepala Desa untuk melaksanakan ritual adat. Ritual ini dimaksudkan agar rombongan yang mendaki Bukit Bukit Raya selamat dalam perjalanan dan dijauhkan dari bahaya.
  3. Hari pertama, dari desa Tumbang Habangoi menuju titik awal pendakian menggunakan ojek motor selama 2 jam perjalanan.
  4. Dari Titik Awal pendakian dilanjutkan dengan berjalan kaki diawali dengan menyeberangi Sei Trongoi (sungai) menuju Pintu Rimba dan terus berjalan hingga tiba di Camp 1 Sei Dehiei untuk beristirahat (bermalam). Perjalanan ditempuh selama 5 jam dengan kondisi jalur yang cukup datar.
  5. Hari kedua, dari Camp 1 Sei Dehiei melanjutkan perjalanan menuju Camp 2 Tumbang Tosah menyeberangi banyak anak sungai selama 4 jam.
  6. Dari Camp 2 Tumbang Tosah melanjutkan perjalan menyeberangi sungai yang cukup deras selama 5 jam menuju Camp 3 Bitah Samba untuk bermalam.
  7. Hari ketiga, dari Camp 3 Bitah Samba melanjutkan perjalan menuju Tanjakan Memuring kemudian dilanjutkan menuju Puncak Bukit Raya. Kondisi jalur semakin curam terutama di Tanjakan Memuring menuju ke puncak. Perjalanan ditempuh selama 7 - 8 jam.
  8. Tiba di puncak Bukit Raya yang bernama Puncak Kakam atau Puncak Rajawali dengan ketinggian 2.278 MDPL.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=QJxMBNdwkkg
loading...
loading...
BTCMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments